Home / INFO MILITER / PANGDAM XIV/HASANUDDIN MENDAPATKAN GELAR KARAENG TONANG DARI PEMANGKU ADAT KERAJAAN GOWA

PANGDAM XIV/HASANUDDIN MENDAPATKAN GELAR KARAENG TONANG DARI PEMANGKU ADAT KERAJAAN GOWA

GOWA, Rabu Tgl 30 September 2020 pukul 10.45 wita, di Museum Balla Lompoa Kab Gowa berlangsung kegiatan Kunjungan kerja Mayor Jenderal TNI Andi Sumangerukka SE, (Pangdam XIV/Hsn) bersama Ibu Arinta Nila Hapsari (Ketua Persit KCK Daerah XIV/Hsn) beserta rombongan dalam rangka Wisata dan silahturahmi dengan Forkopimda Kab. Gowa. disambut oleh Andi Aslam Patonangi (Plh. Bupati Gowa), Letkol Arh Muh. Suaib S.Pd,M.Tr,Han, M.Si (Dandim 1409/Gowa).

 

-Hadir pada kegiatan tersebut :

1: Kolonel Inf Hanryan Indrawira, S. Sos (Kapendam XIV/Hsn).

2: Kol Inf Arifin Dahlan (Asterdam XIV/Hsn).

3: AKBP Boy F Samola SIK., SH. (Kapolres Gowa).

4: Andi Kumala ijo (Raja Gowa).

5: Yeni Andriani, SH., MH. (Kajari Kab. Gowa).

6: Hebbin Silalahi, S. H., M. H  SH, MH (Ketua Pengadilan Negeri Sungguminasa)

7: Perwakilan Perwira  staf dan Danramil Jajaran Kodim 1409/Gowa

8: dan para sesepuh dan pemuka adat kerajaan gowa beserta tamu undangan.

 

1: dalam kesempatan Plh Bupati Gowa memberikan sambutan yang intinya :

 

“Kab. Gowa adalah kota sejarah yang sudah terkenal diseluruh dunia. Gowa memiliki nilai historis karena pernah menjadi daerah perlawanan terhadap penjajah untuk kemerdekaaan RI.”

“Wilayah Kab. Gowa terdiri dari dataran rendah dan dataran tinggi, saat ini Kab. Gowa sedang menerapka Perda No. 25 Tahun 2020 terkait Penggunaan Wajib Masker untuk memutus mata rantai peyebaran Covid-19 yang tidak lama lagi akan di tetapkan pemberlakuannya.”

 

2: Andi Kumala Ijo (Raja Gowa), yang intinya :

“Kami dari pihak kerajaan/pemangku adat dan warga Kab. Gowa sangat bersyukur/berterima kasih atas kunjungan Pangdam XIV/Hsn di tanah Gowa ini, semoga kunjungan ini dapat memberikan warna bagi kemajuan Kab. Gowa.

“Kami dari pemangku adat kerajaan Gowa telah sepakat untuk memberikan gelar kepada Mayjen TNI Andi Sumangerukka SE, (Pangdam XIV/Hsn) karena merupakan keturunan Raja Bone, Raja Gowa dan Raja Barru. Setelah diurut dan diusut Pangdam XIV/Hsn adalah kemenakan dari Raja Gowa, adapun gelar tersebut adalah Andi Sumangerukka Kareng Tonang.”

 

3: Mayjen TNI Andi Sumangerukka SE, (Pangdam XIV/Hsn), yang intinya :

 

“Terima kasih atas sambutan Ayahhanda Raja Gowa dan Forkopimda Gowa pada kegiatan kunjungan ini.

“Sebagai  keturunan bugis Makassar kita tidak lepas dari simbol Sirina Napacce yang dalam artian jangan berbuat negatif yang akan memalukan keluarga dan leluhur kita, Mari sama-sama menjaga kerukunan dan kemajuan daerah masing-masing maupun kemajuan bangsa dan negara.

“Terimakasih atas gelar ini, semoga makna gelar adat yang diberikan oleh Kerajaan Gowa ini, selalu melekat pada kami,” ujar Pangdam XIV/Hasanuddin.

About Kodim1409/Gowa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.