Breaking News
Home / KEGIATAN / SIMULASI PEMUNGUTAN SUARA PILKADA 2020 DILAKSANAKAN DI HALAMAN KANTOR POLSEK BAJENG

SIMULASI PEMUNGUTAN SUARA PILKADA 2020 DILAKSANAKAN DI HALAMAN KANTOR POLSEK BAJENG

GOWA, Kamis tanggal 24 September 2020. Serda Amiluddin (Babinsa Desa Borimatangkasa Personel 1409-06/Bajeng) menghadiri kegiatan Simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Gowa Tahun 2020 pada masa Pendemi Covid 19 di Halaman Kantor Polsek Bajeng Lingkungan Borongbilalang. Kel Kalebajeng.Kec Bajeng.Kab Gowa

Adapun rangkaian kegiatan simulasi  pemugutan dan penghitungan suara tersebut :

  1. TPS akan disemprot disinfektan sebanyak tiga kali pada saat pencoblosan yaitu sebelum pemungutan suara, saat pemungutan suara, dan sebelum penghitungan suara.
  2. Petugas KPPS yang berada di TPS akan melengkapi petugas dengan alat pelindung diri (APD).
  3. KPPS ,Saksi ,dan Pengawas yang berada di dalam area TPS dibatasi dengan jarak masing – masing 1 meter
  4. Petugas di TPS menyediakan air bersih dilengkapi dengan sabun cuci tangan , dan pemilih diwajibkan untuk mencuci tangan menggunakan sabun yang telah di siapkan panitia.
  5. Pemeriksaan Suhu tubuh, oleh Petugas KPPS, untuk pemilih yang bersuhu tubuh diatas 37,5 diberi waktu sejenak dan apabila suhu tubuh tidak turun juga, maka pemilih tidak boleh masuk kedalam area TPS, akan tetapi menggunakan hak pilihnya pada bilik khusus yang telah disediakan oleh Anggota KPPS, dan anggota KPPS membawakan kotak suara ke pemilih tersebut.
  6. Untuk Pemilih yang datang tidak menggunakan masker, panitia menyediakan dan apabila pemilih sudah menggunakan masker maka pemilih bisa masuk untuk menggunakan hak pilihnya
  7. Pemilih yang masuk ke TPS kemudian di semprotkan hand sanitizer dan kemudian akan diberi sarung tangan plastik sekali pakai, hal ini bertujuan tidak berkontak lansung antara pemilih dan anggota KPPS dan untuk menghindari terjadinya penyebaran virus covid -19
  8. Pemilih yang selesai mencoblos keluar dari bilik suara diwajibkan untuk membuang sarung tangannya ke tempat sampah yang sudah disediakan.
  9. Pemilih yang sudah mencoblos akan di beri tinta khusus tanda sudah mencoblos di jarinya namun Pemberian tinta tidak dilakukan dengan mencelupkan jari ke botol seperti biasanya akan tetapi dengan menggunakan cotton bud sekali pakai kemudian pemilih mencuci tangan di tempat yang telah di sediakan diluar TPS.

pelaksanaan pilkada yang akan dilaksanakan akan sangat berbeda dengan peleksanaan sebelumnya dimana pada saat sekarang kita di hadapkan dengan situasi pandemi Covid-19.

sehingga pada saat pelaksanaan pilkada nanti penerapan protokol kesehatan harus di lakukan, dengan adanya simulasi ini panitia dan petugas di TPS dapat melaksanakan pemungutan suara dengan menerapkan prokokol kesehatan Covid-19 sehingga pada pelaksanaan nanti kegiatan dapat berjalan lancar. (kg)

About Kodim1409/Gowa

Check Also

13,000+ People Have Bought Our Theme

Don’t act so surprised, Your Highness. You weren’t on any mercy mission this time. Several …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.