Home / KEGIATAN / BABINSA TANGKE BAJENG DAMPINGI POKTAN DALAM MENGENDALIKAN HAMA TIKUS

BABINSA TANGKE BAJENG DAMPINGI POKTAN DALAM MENGENDALIKAN HAMA TIKUS

Kodim 1409/Gowa, Dalam budidaya pertanian baik pada padi, jagung, singkong, kacang tanah, tebu dan lain sebagainya kita selalu mengharapkan hasil yang terbaik. Namun tentunya itu bukan tidak akan menemui kendala sama sekali, melainkan seringkali petani juga dihadapkan pada tantangan serangan Hama yang salah satunya disebabkan oleh tikus, hewan pengerat yang memakan segala makanan (omnivora) yang bisa menimbulkan kerugian cukup besar. Karena keragaman komoditi menyebabkan terciptanya lingkungan yang selalu menguntungkan bagi kehidupan dan perkembangan tikus.

Pada periode Bera sebagian besar tikus bermigrasi menuju perkampungan untuk berlindung dan mendapatkan pakan altematif, mereka akan kembali ke sawah saat mulainya kembali masa pertanaman padi. Habitat kampung merupakan tempat perlindungan tikus yang paling utama selama periode bera, dan merupakan sumber investasi hingga musim tanam berikutnya di setiap musim.

Pengendalian Hama Tikus bersama Poktan Assamaturu Dusun Borongunti Desa Tangke Bajeng

Faktor utama penyebab peningkatan serangan tikus yaitu akibat populasi tikus yang didukung ketersediaannya pakan padi, sehingga terjadi kelahiran tikus yang cepat (tiga kali kelahiran pada stadium padi generatif dan menyebabkan peningkatan kerapatan populasi yang tinggi pada periode bera). Padi pada tingkat stadium generatif merupakan sumber pakan tikus yang berkualitas tinggi kaya akan karbohidrat dan berpengaruh nyata terhadap peningkatan berat badan tikus. Sedangkan untuk kebutuhan proteinnya, tikus juga memangsa hewan lainnya seperti siput, serangga, bangkai ikan dan hewan kecil lainnya. Penurunan populasi tikus terjadi sangat tajam yaitu setelah periode bera bulan kedua, karena hilangnya pakan padi (saat panen), terjadinya gangguan habitat dari proses budidaya padi dan adanya aktivitas pengendalian tikus oleh petani.

Dengan semakin meningkatnya jumlah populasi hama tikus di wilayah Dusun Borongunti Desa Tangke Bajeng Kec. Bajeng, maka Babinsa Tangke Bajeng (Pelda Saharuddin) mendampingi Kelompok Tani yang ada di Desa Tangke Bajeng untuk melakukan pengendalian Hama Tikus dengan menggunakan alat berupa Kompor Tikus dan Bom Tikus yang disediakan oleh pihak Dinas Pertanian Kecamatan Bajeng, kegiatan ini sangat membantu Poktan untuk mengurangi serangan tikus yang selama ini cukup meresahkan para petani.

Jenis Hama Tikus

Adapun yang hadir pada pelaksanaan pengendalian Hama Tikus di Desa Tangke Bajeng Kec. Bajeng adalah :

– Pengamat PHP (sdri. Nurasyiyah).

– PPL Desa Tangke Bajeng (sdri. Ibu Kajuati).

– Babinsa Desa Tangke Bajeng (Pelda Saharuddin).

– Kelompok Tani Assamaturu.

About Kodim1409/Gowa

Check Also

13,000+ People Have Bought Our Theme

Don’t act so surprised, Your Highness. You weren’t on any mercy mission this time. Several …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.