Home / KEGIATAN / KORAMIL 1409-08 BONTONOMPO TANAM CABE DI HALAMAN KANTOR

KORAMIL 1409-08 BONTONOMPO TANAM CABE DI HALAMAN KANTOR

Gowa, Sesungguhnya pemanfaatan pekarangan sudah bertahun-tahun digalakkan melalui gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Melalui gerakan itu, lahirlah istilah Toga (tanaman obat keluarga), warung hidup, maupun apotik hidup. Namun, pemanfaatan pekarangan sebagai sumber pangan, kini kian terabaikan.

Padahal, setidaknya ada tiga manfaat yang bisa dipetik dari menanam sayuran. Selain menjadi sarana penghijauan yang mempercantik rumah juga bisa sebagai arena penyaluran hobi dan hasilnya bisa dikonsumsi sebagai sumber gizi keluarga.

Intensifikasi pekarangan rumah dengan menanam berbagai jenis sayuran dapat berfungsi sebagai “warung hidup” untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Apalagi anak-anak sekarang sulit mengonsumsi sayuran dengan berjuta alasan.

Sementara tingkat konsumsi sayuran masyarakat Indonesia masih di bawah standar Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia (FAO). Data terakhir menyebut tingkatannya baru 40,9 Kg per kapita per tahun, masih jauh dari rekomendasi yang besarnya 71 kg. “Gerakan makan sayuran harus tetap digalakkan karena memang konsumsi sayuran kita masih rendah. Tapi ketersediaan dan keterjangkauan masyarakat itu harus di penuhi dulu,” harap H. Rachmat Pambudy, Sekjen Himpunan Kerukunan Tani Indonsia (HKTI)

Koramil 1409-08 Bontonompo menanam bibit cabe dengan menggunakan Polybag yang rencananya akan diletakkan di pekarangan Kantor Koramil 1409-08 Bontonompo yang mana nantinya hasilnya dapat dimanfaatkan oleh seluruh anggota Koramil sehingga dapat mengurangi biaya belanja keluarka, selain itu juga kegiatan tersebut dapat menjadi contoh bagi warga masyarakat.

Banyak orang telah mempraktikkan pekarangan menjadi kebun mini. Beberapa orang mengakalinya dengan menerapkan pola tanam serba minimalis. Mereka menanam di tanah, menggunakan pot, dan talang PVC yang ditempatkan di pekarangan rumah.

Dengan adanya kegiatan di Koramil berupa pemanfaatan lahan pekarangan Kantor maka Dandim 1409/Gowa juga mewajibkan bagi seluruh penghuni Perumahan Kodim 1409/Gowa dapat memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk ditanami berbagai macam tanaman sehingga anggota sudah tidak perlu lagi membeli kebutuhan dapur.

About Kodim1409/Gowa

Check Also

13,000+ People Have Bought Our Theme

Don’t act so surprised, Your Highness. You weren’t on any mercy mission this time. Several …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.