Home / KEGIATAN / BABINSA MONCOBALANG PRAKARSAI PEMANFAATAN LAHAN TIDUR SEBAGAI SAWAH PRODUKTIF

BABINSA MONCOBALANG PRAKARSAI PEMANFAATAN LAHAN TIDUR SEBAGAI SAWAH PRODUKTIF

  Gowa, Kamis (5/1/2017) pukul 09.30 Wita, bertempat di area persawahan lahan yang dijadikan sebagai Percontohan Penanaman Padi di Desa Moncobalang Kec. Barombong Kab. Gowa Babinsa 1409-05 Desa Moncobalang (Kopka Alias) bersama dengan Kacadistan Kec. Barombong dan para kelompok tani dimasing-masing Desa Sekecamatan Barombong menggarap lahan yang dijadikan sebagai Percontohan Cara Menanam Padi dengan menggunakan Alat Sistem Pertanian (Alsintan).

   Lahan percontohan seluas ± 18 Are merupakan lahan tidur yang sudah 2 tahun tidak pernah digarap karena hasil pertanian tidak memuaskan sehingga Babinsa Moncobalang berkoordinasi dengan Kacabdistan untuk melakukan pengolahan dengan menggunakan mesin baik untuk penggarapan tanahnya maupun untuk penanaman padi.

    Dari hasil koordinasi antar Babinsa Moncobalang (Kopka Alias) dengan Kacadistan telah disepakati untuk melaksanakan atau menggarap lahan tidur tersebut untuk dijadikan sebagai area percontohan penanaman padi dengan melibatkan para kelompok tani yang ada di Kec. Barombong.

   Sesuai dari kesepakatan tersebut maka Babinsa dan Kacadistan membagi tugas dari tiap-tiap kelompok tani yang ada yang diantaranya sbb :

  1. Kelompok tani Tompo Balang 1 yang diketuai oleh sdr. Faizal Dg Rurung menyiapkan lahan.
  2. Kelompok Tani Selaras yang diketuai oleh sdr. Abd Wahid Dg Naba perwakilan dari Desa Kanjilo bertugas menggarap/membajak sawah/lahan dengan menggunakan alat/mesin traktor 4 roda.
  3. Kelompok Tani dari Desa Tamannyeleng bertugas untuk menyiapkan Bibit padi.
  4. Kelompok Tani Desa Tinggimae dan Desa Biringala menyiapkan Logistik/Snack yang akan disajikan selama pelaksanaan kegiatan.

   Kegiatan ini dilaksanakan guna memberikan motifasi kepada para petani untuk dapat memanfaatkan lahan/sawah sehingga tidak ada lagi lahan/sawah yang terbengkalai atau tidak tergarap, selain itu juga untuk meningkatkah hasil produksi padi/gabah petani di Kabupaten Gowa.

About Kodim1409/Gowa

Check Also

13,000+ People Have Bought Our Theme

Don’t act so surprised, Your Highness. You weren’t on any mercy mission this time. Several …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.