Home / KEGIATAN / BABINSA JENETALLASA BERSAMA BABINKANTIBMAS PERIKSA PABRIK GARAM

BABINSA JENETALLASA BERSAMA BABINKANTIBMAS PERIKSA PABRIK GARAM

   Gowa, Rabu (16/11/2016) pukul 09.00 wita, bertempat di Dusun Je’netallasa Desa Je’netallasa Kec. Pallangga Kab. Gowa. Babinsa Je’netallasa (serma Kamaruddin) Koramil 1409-05 Pallangga Kodim 1409/Gowa dan Babinkamtibmas  Je’netallasa (Brigpol Basri) melakukan  pengecekan terhadap Pabrik Garam (UD Raihan) yang dimiliki oleh sdr. H. Jamaluddin.

   Pemeriksaan Pabrik Garam tersebut dilakukan dengan adanya keluhan dan laporan dari warga sekitar Pabrik Garam tesebut terkait dengan adanya laporan warga tentang tercemarnya sumber air yang ada disekitar lokasi Pabrik.  Warga sudah berulangkali melaporkan kepada pihak aparat Desa namun menurut pegakuan warga bahwa pihak Aparat Desa tidak pernah menindak lanjuti perihal laporan warga.

   Adapun data-data dari keberadaan pabrik tersebut anara lain adalah :

  1. Pabrik Garam tersebut merupakan Usaha Dagang Raihan (UD) dengan memakai label merk/cap “Garam Makasar (GM)”.
  2. Pabrik Garam tersebut sudah beroperasi selama ± 10 tahun dengan memproduksi Garam rumah tangga yang dibungkus dengan berat 1 Kg/Pak/Bungkus.
  3. Karyawan yang dipekerjakan di Pabrik tersebut sebanyak 20 orang.
  4. Wilayah Pemasaran dari Hasil produksi pabrik tersebut mencakup Makasar, Kendari dan Gorontalo.

Pabrik Garam   Terkait dengan adanya keluhan dari warga setempat, pemilik Pabrik Garam (sdr. H. Jamaluddin) telah memberikan fasilitas air bersih dengan membuat sumur Bor yang peruntukkannya bagi warga sekitar Pabrik.           Namun bagi warga setempat tidak merasa puas berhubung karena pembuatan sumur Bor tersebut tidak dapat memenuhi kebutuhan warga.

   Untuk menindak lanjuti dan menghindari terjadinya aksi yang tidak diinginkan maka Babinsa Je’netallasa bersama dengan Babinkantibmas melakukan pemeriksaan terhadap Pabrik Garam (UD  Raihan) dengan melakukan pendataan terhadap warga yang merasa dirugikan, adapun hasil pendataan sementara anatara lain sbb :

  1. Nama : Nur Hasila, 53 thn, IRT

          -  Tidak memiliki/menggunakan sumur karena tercemar dan air rasanya menjadi    asin, pompa cepat rusak berkarat.

          – Keinginan : pabrik harus di tutup atau pindah lokasi yang jauh dari pemukiman warga.

  1. Nama : Ashar, 42 thn, Pekerjaan swasta.

          – Pompa air rusak berkarat dan air menjadi asin semenjak berdirinya pabrik garam, sementara ini memakai air yang di beri bantuan.

  – Keinginan : pabrik garam harus pindah atau tutup, karena warga yang sumurnya tercemar sudah tambah meluas dan sudah masuk di BTN        Je’netallasa.

  1. Nama : Dg Naba, 61 thn, Pekerjaan wira swasta

   -  Mesin pompa air rusak gara gara tercemar limba pabrik garam, karena mesin cepat berkarat, Air sumur sudah tidak bisa di konsumsi karena   asin.

          –  Keinginan : pabrik agar ditutup.

Pabrik Garam Produksi Rumahan 6Sedangkan langkah-langkah yang telah dilakukan oleh warga sekitar Pabrik tersebut antara lain :

  1. Warga sekitar sudah pernah melaporkan perihal tersebut ke kantor desa Je’netallasa namun belum ada tindak lanjut.
  2. Warga sudah mengumpulkan tanda tangan tentang ketidak setujuannya akan adanya pabrik garam karena mencemari air sumur warga.
  3. Warga di sekitar pabrik sudah resah dengan adanya pencemaran lingkungan tersebut.
  4. Warga sekitar sudah berupaya untuk bertemu langsung dengan pihak pemilik pabrik namun dari pengakuan warga Sdr. H. Jamaluddin sebagai pemilik pabrik selalu menghindar.

    Dari hasil pemeriksaan dan pengumpulan data baik dari warga sekitar pabrik mau pun dari pihak pemilik/pengembang Pabrik Garam tersebut akan dihimpun dan akan dirundingkan secara bersama sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan  baik dari pihak pemilik pabrik atau pihak warga.

About Kodim1409/Gowa

Check Also

13,000+ People Have Bought Our Theme

Don’t act so surprised, Your Highness. You weren’t on any mercy mission this time. Several …

.