Home / KEGIATAN / ” ANYNYOSORO KALOMPOANG ” BENDA PUSAKA DESA TAENG

” ANYNYOSORO KALOMPOANG ” BENDA PUSAKA DESA TAENG

  Gowa, Kamis (15/9/2016) pukul 10.00 wita Babinsa Taeng Koramil 1409-05 Pallangga Kodim 1409/Gowa menghadiri acara Adat yang telah menjadi kebiasaan masyarakat Desa Taeng dimna kegiatan tersebut sering disebut acara “Anynyosoro Kalompoang” atau Membersihkan Benda Pusaka yang ada di Desa Taeng, oleh keluarga Besar Alm H. Alauddin Karaeng Ngemba (Anrong Guru Taeng) dan keluarga besar Letjend (Purn) Hertasning Karaeng Toro), kegiatan dilaksanakan di Desa Taeng Kec. Palangga kab. Gowa telah berlangsung kegiatan pembukaan acara.

Atinging Dinging (Taeng) 1  Sebagai penanggung jawab kegiatan tersebut Angota DPRD Provinsi Sul-Sel dari Fraksi Gerindra (Ir. Darmansyah Muin Dg Sijaya) dan dihadiri oleh :

–   H. Amran Muin Dg Pabeta

–   Babinsa Desa Taeng (Serda Muh. Ridwan)

–   Tokoh Agama Desa Taeng

–   Tokoh Masyarakat Desa Taeng ± 60 org.

  Sebelum pelaksanaan pencucian (Anynyosoro Kalompoang) terlebih dahulu dilaksnakan pengambilan air yang akan dipakai untuk membersihkan benda pusaka (ALLEKA JE’NE) di Sumur Tua Desa Taeng, serta penyembelihan hewan Qurban pada hari Tasyrikh ke 3 (13 Dzulhijah 1437) yang sering disebut sebagai “APPARURU TEDONG”.

 Atinging Dinging (Taeng) 2 Atinging Dinging (Taeng) 3  Pada Kamis malam pukul 19.00 wita dilaksanakan Pembacaan doa dan mengirimkan Shalawat kepada Junjungan Nabi Muhammad SAW (PARATE JUMA) dan dilanjutkan pada pukul 20.00 wita dengan kegiatan Pesta Rakyat berupa pementasan hiburan tradisional yakni Sinrilik (Sejenis Alat Musik Gesek/Biola Khas Sulawesi Selatan), Paddeko (lantunan gendang/beduk khas Sulawesi Selatan), Pamanca (Bela Diri Khas Masyarakat Gowa), Pagambusu (Kecapi yang menyerupai Gitar) kegiatan ini juga sering disebut sebagai “ATINGING DINGING”

    Rangkaian kegiatan tersebut telah menjadi kebiasan masyarakat di Kab. Gowa pada umumnya dan Desa Taeng pada khususnya sebagai wujud penghargaan/pemeliharaan terhadap benda-benda pusaka peninggalan yang pernah dipakai oleh pemangku Adat di Desa Taeng semasa Hidupnya.

About Kodim1409/Gowa

Check Also

13,000+ People Have Bought Our Theme

Don’t act so surprised, Your Highness. You weren’t on any mercy mission this time. Several …

.