Breaking News
Home / KEGIATAN / BELA NEGARA BAGI SISWA-SISWI SMA/SEDERAJAT SEKABUPATEN GOWA

BELA NEGARA BAGI SISWA-SISWI SMA/SEDERAJAT SEKABUPATEN GOWA

BELA NEGARA 15     Gowa, Kamis (11/8/2016) pukul 08.00 Wita, Sebagai implementasi dari perintah Komando Atas (Kodam VII/Wrb) tentang pelaksanaan Sosialisasi Bela Negara serentak sejajaran Kodam VII/Wrb, maka Kodim 1409/Gowa melaksanakan Sosialisasi Bela Negara bagi para Siswa-Siswi SMA/Sederajat yang telah diprogramkan oleh Kodam VII/Wrb yang bertempat di Aula Karaeng Galesong Pemkab Gowa, Kegiatan tersebut dibuka oleh Bupati Gowa (Adnan purictha IYL, SH).

     Sebagaimana yang tertuan dalam Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 30 yang berbunyi “Tiap-tiap warga negara Berhak dan Wajib ikut serta dalam usaha pembelaan Negara”, Hal inilah Yang menjadi landasan hukum dalam uapaya Bela Negara sehingga perlu adanya pemahaman akan pentingnya Bela Negara.

     Dalam sambutannya Bupati Gowa (Adnan purictha IYL, SH) menyampaikan bahwa “Setiap Warga Negara berhak dan wajib menjaga, membela dan mempertahankan Kedaulatan NKRI baik ancama dari dalam maupun ancaman yang datangnya dari luar, Bela Negara merupakan Hal yang mutlak dilaksanakan oleh seluruh Rakyat Indonesia dan yang takkalah pentingnya juga selain Bela Negara yakni peningkatan mutu Pendidikan sebagai sumber awal lahirnya Bela Negara”.

BELA NEGARA 6     Kegiatan Pembukaan Sosialisasi Bela Negara tersebut dihadiri oleh :

  1. Bupati Gowa.
  2. Dandim 1409/Gowa.
  3. Kapolres Gowa.
  4. Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Gowa.
  5. Guru dari Sekolah SMA sekabupaten Gowa sebanyak 15 orang.
  6. Siswa-Siswi SMA Negeri 1 Sungguminasa sebanyak 200 orang.
  7. Siswa-Siswi SMA Negeri 2 Sungguminasa sebanyak 200 orang.
  8. Siswa-Siswi SMA Negeri 1 Pallangga sebanyak 200 orang.
  9. Siswa-Siswi SMK Negeri 1 Somba Opu Sebanyak 200 orang.
  10. Siswa-Siswi SMK Negeri 2 Somba Opu Sebanyak 200 orang.

     Selaku pemateri dalam pelaksanaan kegiatan Sosialisasi tersebut yaitu Dandim 1409/Gowa (Bpk. Letkol Inf Willy Brodus Yos Rohadi), Kasdim 1409/Gowa (Bpk. Mayor Arm M. Nurdin Rauf, S.Sos) dan Perwira Seksi Teritorial (Bpk. Kapten Inf Ayi Suherli Kresnadi) sedangkan Materi yang disajikan kepada para Siswa-Siswi SMA/Sederajat yaitu :

  1. Bela Negara.
  2. Rasa Cinta Tanah Air.
  3. Yakin terhadap Pancasila.
  4. Sadar akan Berbangsa dan Bernegara.
  5. Memiliki kemampuan awal/dasar tentang Bela Negara.
  6. Rela Berkorbang untuk Bangsa dan Negara.

BELA NEGARA 5     Pelaksanaan Sosialisasi Bela Negara kepada Siswa-Siswi SMA/Sederajat yang dilaksanakan di Aula Karaeng Galesong Pemkab Gowa yang diselenggarakan oleh Kodim 1409/Gowa dan diikuti sebanyak 1000 Siswa-Siswi SMA/Sederajat dapat berjalan lancar dan tertib , selesai pada pukul 11.30 Wita.

About Kodim1409/Gowa

Check Also

13,000+ People Have Bought Our Theme

Don’t act so surprised, Your Highness. You weren’t on any mercy mission this time. Several …

.