Home / KEGIATAN / KEGIATAN TERPADU PUSTERAD BIDANG PENGKAJIAN DAN PENGEMBANGAN DI KODIM 1409/GOWA

KEGIATAN TERPADU PUSTERAD BIDANG PENGKAJIAN DAN PENGEMBANGAN DI KODIM 1409/GOWA

2      Gowa, Kamis (31/3/2016) pukul 09.00 Wita, Kodim 1409/Gowa menerima kunjungan dari Pusterad yang di ketuai oleh Kolonel Inf Utoh Zaendy bersama 1 (satu) orang Pamen (Mayor Inf Asep Juandi) dalam rangka melaksanakan kegiatan Program Kerja Pusterad bidang pengkajian dan pengembangan yang terdiri dari Kajian Ruang Juang yang Tangguh, Alat Juang yang Tangguh, Kondisi Juang yang tanguh, Bujukmin Kemampuan Binter, Latnister, Organisasi Koramil Tipe-A dan B TA. 2016.

      Kegiatan pengkajian yang dilaksanakan di Aula Makodim 1409/Gowa berupa pengisian Cheklist, Focus Group Discussion (FGC) serta Ovservasi di Staf Teritorial Kodim 1409/Gowa tersebut turut dihadiri oleh para Kepala Dinas Kabupaten Gowa seperti antara lain :

  1. Dandim 1409/Gowa.
  2. Pasi Intel Dim 1409/Gowa.
  3. Pasi Ops Dim 1409/Gowa.
  4. Pasi Ter Dim 1409/Gowa.
  5. Danramil 1409-01/Somba Opu.
  6. Danramil 1409-06/Bajeng.
  7. Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Kab. Gowa.
  8. Kepala Biro Kepegawaian dan Diklat Daerah Kab. Gowa.
  9. Kepala Badan Kesbangpol dan Perlindungan Masyarakat Daerah Kab. Gowa.
  10. Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kab. Gowa.
  11. Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kab. Gowa.
  12. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kab. Gowa.
  13. Kepala Dinas Pertanian Kab. Gowa.
  14. Kepala Dinas Pendidikan Olahraga dan Pemuda Kab. Gowa.
  15. Kepala Bapeda Kab. Gowa.
  16. Tomas : Drs. H. Rahmansyah
  17. Tokoh Agama : Ketua LDII Kab. Gowa
  18. Tokoh Pemuda : Ketua KNPI Kab. Gowa.
  19. LSM : Usman Baddu, S.H
  20. Dokter : Kepala Puskesmas Bontomarannu.
  21. Pengusaha : H. Syahrial (Sinar Galesong).
  22. Guru : Kepala Sekolah SMK 1 Somba Opu.
  23. Mahasiswa UIN : Bapak Soleh, S. Ag
  24. Insan Pers : Net TV.
  25. Ormas : Ketua FKPPI : Drs. Andi Sura S, M.Si
  26. Ormas : Ketua Banteng Komando

      Dalam sesi kegiatan Focus Group Discussion (FGC) ditunjuk sebagai Pembicara/Narasumber yakni Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gowa dan Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Gowa. Adapun yang dibahas dalam sesi Focus Group Discussion (FGC) tersebut yakni :

  1. 4Kepala Dinas Pertanian membahas masalah adanya perbedaan harga beras yang signifikan antara harga beras Impor yang sangat murah dibandingkan dengan harga beras lokal dan menyampaikan bahwa dengan adanya pelibatan TNI dalam pelaksanaan peningkatan produksi petani maka hasil produksi para petani meningkat drastis, serta dengan adanya bantuan dari pemerintah berupa dukungan Bibit dan Pupuk bagi Kelompok Tani yang ada di wilayah Kabupaten Gowa. Hal ini langsung ditanggapi oleh perwakilan anggota FKPPI dan Insan Pers yang ada di Kabupaten Gowa agar dapat berfikir dan bertindak secara nyata untuk mengatasi permasalahan perbedaan harga beras di masyarakat.
  2. 5Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Gowa mengharapkan adanya pelibatan langsung dari pihak TNI untuk membackup Dinas Kehutanan Kabupaten Gowa sehingga kawasan Hutan yang ada di wilayah Kabupaten Gowa tetap lestari mengingat masih adanya warga yang melakukan penebangan Hutan tanpa seizin dari Dinas Kehutanan setempat serta memohon adanya kerjasama (MOU) dalam peningkatan kemampuan aparat Polisi Kehutanan Kabupaten Gowa sesuai dengan kriteria sebanyak 6 orang yang ada di Kabupaten Gowa. Dengan adanya pernyataan tersebut maka Ketua Tim Pengkajian dari Pusterad menyampaikan kepada Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Gowa dan Dandim 1409/Gowa untuk membuat MOU tentang kerjasama antara Dinas Kehutanan Kabupaten Gowa dengan Kodim 1409/Gowa.

11      Dengan adanya beberapa pernyataan ataupun pengharapan dari kedua Narasumber maka Dandim 1409/Gowa menyampaikan bahwa tugas dari Kodim 1409/Gowa adalah untuk membantu Pemda dalam menyelesaikan/mengatasi tugas-tugasnya di bidang Ipoleksosbudhankam dan akan segera membuat MOU dengan Dinas Kehutanan Kabupaten Gowa serta telah merencanakan untuk mengunjungi tempat Ormas Islam dan pesantren yang ada di wilayah Kodim 1409/Gowa. Dandim 1409/Gowa juga menambahkan tentang Kodim 1409/Gowa sendiri melaksanakan tugas selama 24 Jam dalam sehari dan 7 hari dalam seminggu tanpa mengenal lelah untuk membantu masyarakat Kabupaten Gowa.

About Kodim1409/Gowa

Check Also

13,000+ People Have Bought Our Theme

Don’t act so surprised, Your Highness. You weren’t on any mercy mission this time. Several …

.