Home / KEGIATAN / UPAYA PENINGKATAN PRODUKSI PADI

UPAYA PENINGKATAN PRODUKSI PADI

upsus 2    Gowa, Kamis (9/3/2016) pukul 10.30 Wita bertempat di Dusun Bontobaru Desa Barembeng Kecamatan Bontonompo kabupaten Gowa, Babinsa 1409-08 Bontonompo Dim 1409/Gowa Rem 141/Tp Dam VII/Wrb (sertu Zainuddin) bersama dengan Ketua Kelompok Tani “SEJAHTERA” yang berlokasi di Desa Barembeng Kecamatan Bontonompo melaksanakan Pembinaan Ketahanan Pangan dengan tema “UPAYA PENINGKATAN PRODUKSI PADI”.

    Dalam pelaksanaan kegiatan Pembinaan Ketahanan Pangan turut dihadiri oleh :

  1. Kadus Bontobaru (Parekeng dg Taba).
  2. Ketua RK Bontobaru (Dg Gassing).
  3. PPL Desa Barembeng (Yanti. Sp).
  4. Ketua Kelompok Tani Sejahtera (Abd Rahman Bunga)
  5. Anggota Kelompok Tani Sejahtera sebanyak kurang lebih 20 orang.

upsu    Tantangan yang dihadapi dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk maka bertambah pula permintaan terhadap kebutuhan pokok terutama beras, Sedangkan lahan pertanian banyak yang telah beralih fungsi menjadi non pertanian. Untuk menjawab tantangan tersebut perlu adanya cara untuk meningkatkan produksi tanaman pangan terutama padi di wilayah Dusun Bontobaru Desa Barembeng Kecamatan Bontonompo kabupaten Gowa.

    Upaya yang diberikan/diterapkan kepada warga Dusun Bontobaru Desa Barembeng Kecamatan Bontonompo kabupaten Gowa dalam mengatasi peningkatan produksi padi berupa penyuluhan dan peragaan/demonstrasi tentang cara penanaman padi yang benar dan sesuai dengan program pemerintah, mulai dari penyemaian bibit sampai dengan panen.

Hasil dari sosialisasi pembinaan tersebut yaitu :

  1. Mengajak kepada warga masyarakat agar pada permulaan tanam harus mengunakan tanaman bibit muda karena akan lebih cepat beradaptasi serta memiliki jumlah anak yang banyak.
  2. Penggunaan sistem tanam jajar legowo.
  3. Mengunakan tanam bibit dangkal.
  4. Mengunakan satu lubang satu tanam.
  5. Pengairan harus berselang/berkala.
  6. Pemupukan berimbang.

About Kodim1409/Gowa

Check Also

13,000+ People Have Bought Our Theme

Don’t act so surprised, Your Highness. You weren’t on any mercy mission this time. Several …

.