Home / KEGIATAN / BABINSA KORAMIL 1409-05/PALLANGGA HADIRI MUSRENBANG DIDESA BINAANNYA

BABINSA KORAMIL 1409-05/PALLANGGA HADIRI MUSRENBANG DIDESA BINAANNYA

photo_2016-01-26_11-24-27Gowa,Senin(25/01),Musrenbang adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan, baik ditingkat desa, kecamatan, kabupaten, propinsi dan sampai tingkat nasional mengenai prioritas pembangunan di wilayah tertentu, yang didasarkan pada masukan dari bawah, serta disepakati dalam sebuah dokumen perencanaan pembangunan. Proses pembangunan yang melibatkan peran serta warga masyarakat ini sering juga disebut dengan proses pembangunan partisipatif. Konsep Musrenbang juga di maknai sebagai ruang dan kesempatan berinteraksi antar warga untuk mendiskusikan sesuatu yang berkaitan dengan proses perencanaan pembangunan secara partisipatif. Proses ini biasanya berakhir dengan pengambilan kesepakatan atau pengambilan keputusan bersama tentang program atau kegiatan prioritas untuk wilayah yang bersangkutan.

Berkaitan dengan kegiatan Musrenbang tersebut, Babinsa Desa Bontoramba Koramil 1409-05/Pallangga Kodim 1409/Gowa a.n. Serda Arifin. B turut hadir pada pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) yang dilaksanakan di desa binaannya (25/01). Pada acara Musrenbangdes tersebut bertemakan ” Dengan Sistem Perencanaan Partisipatif Kita Wujudkan Desaku Membangun “. Adapun rencana yang dibahas pada Musrenbangdes tersebut antara lain : Pengaspalan jalan sepanjang 2.300 M, Pembuatan Drainase di 4 dusun sepanjang 3.000 M, Pembuatan jalan tani di 4 dusun sepanjang 4.200 M, Pengadaan pos ronda 4 unit, Pembuatan irigasi persawahan 800 M, Pemasangan paving blok sepanjang 3.570 M, Bedah rumah miskin 10 unit, Perbaikan lapangan bola desa, Pengembangan kelompok ternak sapi, itik dan budidaya ikan, Pengadaan traktor 4 unit, Pembuatan pagar TPU 200 M dan Bidang pemberdayaan masyarakat.photo_2016-01-26_11-24-30

Musrenbangdes merupakan agenda tahunan di mana warga saling bertemu mendiskusikan masalah yang mereka hadapi dan memutuskan prioritas pembangunan jangka pendek. Ketika prioritas telah tersusun, kemudian di usulkan kepada pemerintah di level yang lebih tinggi, dan melalui badan perencanaan (BAPPEDA) usulan masyarakat dikategorisasikan berdasar urusan dan alokasi anggaran.

About Kodim1409/Gowa

Check Also

13,000+ People Have Bought Our Theme

Don’t act so surprised, Your Highness. You weren’t on any mercy mission this time. Several …

.